by

Inilah Sejarah Topi New Era

Topi New Era – Siapa sih yang tidak kenal dengan merek topi paling top di dunia? Pasti semuanya kenal. Atau mungkin kamu sudah punya salah satu produk mereka.

Namun, pencapaian tersebut bukanlah hal yang instan. Ada sejarah panjang di balik semua itu. Dulu, New Era hanya ada di Amerika, sampai akhirnya bisa menjamur di mana-mana, termasuk di Indonesia.

Kalau begitu, rasanya tidak afdal kalau kamu belum mengetahui sejarah dari merek tersebut.

Jadi, langsung saja simak penjelasan singkat berikut ini.

1. Masa Pendirian

Pada tahun 1920-an, imigran asal Jerman bernama Ehrhardt Koch melihat peluang untuk mendesain ulang produksi dan kualitas dari busana kepala atau headwear. Usahanya itu bisa terwujud ketika dia meminjam uang ke kakak perempuannya, Rose, untuk mendirikan perusahaan New Era. Lalu, karena keuletan dan pemikirannya yang terbuka, perusahaan tersebut bisa memproduksi 60.000 topi di tahun pertama.

2. Perubahan Style

Pada tahun 1932, anak Ehrhardt, Harold, bergabung dengan perusahaan. Dia menyadari kalau permintaan topi mulai menurun, sementara pemain baseball sedang tenar-tenarnya. Dan akhirnya, di tahun 1934, New Era mulai memproduksi topi baseball dan menjualnya ke pasaran.

3. Keuletan

Lalu, pada tahun 1940-an, terjadi Perang Dunia 2. Itu adalah masa yang sulit bagi semua orang, termasuk bagi New Era. Meskipun kain langka, tapi Koch tidak kehabisan akal. Dia menggunakan kentungannya selama ini untuk membeli kain polos dan mewarnainya dengan mesin cuci sebagai bahan dasar membuat topi. Itu dilakukan agar warna topi tersebut bisa sesuai dengan permintaan tim lokal.

4. Lahirnya Ikon

Di tahun 1950, New Era menjadi satu-satunya perusahan yang menyuplai topi ke tim besar liga baseball. Saat itu klien mereka ada yang sangat istimewa, di antaranya adalah Brooklyn Dodgers, Cincinnati Reds, Cleveland Indians, dan Detroit Tigers.

5. Menentukan Jalan

Agar akomodasi perusahaan menjadi lebih baik, pada tahun 1960-an, Harold, yang saat ini mengambil alur kepemimpinan, membuka pabrik di Derby, New York. Tidak lama setelahnya, karena bisa membuktikan diri kalau mereka merek terbaik, New Era diundang oleh MLB untuk menjual secara langsung kepada setiap tim di Rapat Besar Musim Dingin. Ini adalah langkah besar New Era karena mereka sekarang menjadi produk eksklusif liga baseball.

6. Generasi Baru

Pada tahun 1972, anak Harold, David, diangkat menjadi pimpinan setelah 14 tahun mengabdi. Tidak lama setelahnya, anak David, Chris Koch, melanjutkan tradisi untuk bekerja di pabrik yang berlokasi di Derby, New York.

7. Terus Maju dan Berkembang

Dibimbing oleh visi David Koch, tahun 1980 merupakan masa-masa di mana perusahaan terus berkembang. New Era memproduksi topi untuk turnamen mahasiswa, AAA, dan Liga Internasional Baseball. Bahkan, New Era juga mulai menjual topi kepada penggemar olahraga.

8. Satu, Dua, Terbang!

Menyadari kalau sebentar lagi globalisasi akan terjadi, New Era mulai melebarkan sayapnya ke Eropa, Jepang dan Australia. Saat itu New Era menyadari kalau dia ternyata bukan hanya perusahaan topi terbaik di Amerika, tapi juga di dunia. Jadi langkah yang mereka ambil ini sudah sangat tepat.

9. Masih Berusaha Untuk Menggapai Titik yang Lebih Tinggi

Setelah satu dekade menjadi merek eksklusif di liga baseball, New Era mulai mencoba peruntungan ke cabang olahraga lain.

topi new era

Akhirnya, di tahun 2012, New Era menjadi merek yang secara resmi bekerja sama dengan NFL. Tidak berhenti di situ, pada tahun 2016 New Era juga merambah ke NBA.

Dua kejadian itu membuat New Era menjadi satu-satunya merek yang menjalin kerja sama dengan tiga liga olahraga terbesar di Amerika.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *